Warga RW 06 Cantiga Adakan Pemotongan Hewan Qurban

Warga RW 06 Cantiga Adakan Pemotongan Hewan Qurban

Spread the love

 3,766 total views,  2 views today

Redaksi : Nusantara News

Tangerang — Warga Kampung Cantiga Rw 06 adakan pemotongan hewan Qurban, Selasa (20/07/2021).

Sebagaimana disyariatkan oleh agama Islam, bahwasanya setiap umat muslim yang mampu dianjurkan sunah memotong hewan qurban setelah selesai melaksanakan sholat Iedul Adha.

Qurban merupakan salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah. Hukum dan dalil qurban tertulis dalam Quran surat Al Hajj ayat 34 yang berbunyi,
Arab: وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

Latin: wa likulli ummatin ja’alnā mansakal liyażkurusmallāhi ‘alā mā razaqahum mim bahīmatil-an’ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn
Artinya: Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).

Hal inilah yang memacu warga di wilayah RW 06 Kampung Cantiga, Petir, Cipondoh gemar melakukan ibadah sunah berqurban setiap tahunnya.

Menurut Ahmad Sujai Ketua RW 06 yang juga sebagai ketua Forum RT dan RW se Kelurahan Petir, Alhamdulillah untuk tahun ini warga kami tetap banyak yang antusias melakukan ibadah qurban.

” Ya ada sekitar 19 ekor kambing dan satu ekor sapi untuk di satu titik pemotongan hewan di Masjid Assolihun ini”, ujar Ahmad Sujai

Selain itu wilayah RW 06 yang terdiri dari 6 rukun tetangga (RT) ini melakukan pemotongan hewan qurban di tempat lain seperti di masjid Al Wahab, Masjid An Nashirin dan lainnya yang masih berada di sekitaran wilayah RW 06, Cantiga, Petir, Cipondoh Tangerang.

Acara pemotongan hewan qurban ini dipimpin oleh sesepuh Kampung Cantiga Kyai Haji M. Yusuf, Ustad Ali dan Ustadz Abdul Muhsin.

Setelah selesai hewan qurban yang disembelih dibagikan di setiap wilayah RT untuk dibagikan kepada setiap warga secara merata.
(ABIE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.