Waduk Greneng Berpotensi Jadi Sentra Buah Di Blora

KAWASAN Waduk Greneng yang berada di Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Blora, selain menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Blora, potensi wisata alam perpaduan perbukitan, air dan hutannya juga patut diandalkan.

Tak hanya itu, sejumlah tanaman buah-buahan unik juga cocok di tanam di kawasan waduk tersebut.  Kini,  banyak warga Greneng yang memanfaatkan lahan kosongnya untuk ditanami buah-buahan seperti pepaya, jambu, durian dan klengkeng.

“Tanah di lokasi waduk Greneng sangat bagus untuk ditanami buah-buahan. Untuk itu, pemerintah harus bisa memperhatikan khususnya Dinas Pertanian agar bisa membantu mengembangkan pertanian buah di Desa Greneng, seperti air dan kondisi jalan yang selama ini masih dikeluhkan warga,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat, saat meninjau lokasi kebun buah milik warga.

Saat kunjungannya ke kebun buah milik Bambang Suharto, Bupati Blora Ihwan Sudrajat juga berpesan kepada warga agar bisa terus mengembangkan hasil buah yang ada di Blora dan jangan menambah tanah terus, tapi tanah yang sudah ada harus bisa terus ditingkatkan hasil buahnya.

Sementara Bambang Suharto, salah seorang warga Jepon yang sudah emapt tahun menekuni tanaman buah-buahan mengatakan, sudah 2 kali panen dan hasilnya sangat memuaskan.

Saat ini Bambang mengembangkan tanaman buah-buahan seperti pepaya, jambu, durian dan klengkeng yang berlokasi di Desa Greneng. Bambang juga berharap agar masyarakat sekitar mau ikut mengembangkan tanaman buah-buahan.

“Tanah di Desa Greneng sangat cocok dan bagus untuk ditanami buah-buahan, untuk itu warga bisa ikut mengembangkan tanaman buah-buahan di kebunnya,” harap Bambang.

Selain menekuni tanaman buah-buahan, Bambang saat ini juga masih terkendala dengan susahnya air pada saat musim kemarau, karena tanaman buah-buahan sangat membutuhkan penyiraman air secara rutin agar bisa mendapatkan hasil buah yang bagus.

Sementara, Suroso salah seorang warga Blora yang ahli dalam tanaman buah-buahan saat hadir mendampingi  Bambang Suharto mengatakan, siap membantu pemerintah maupun masyarakat dalam pengembangan tanaman buah-buahan di Kabupaten Blora, mulai dari pembenihan, pembibitan sampai perawatan agar bisa mendapatkan hasil panen buah yang diharapkan.

“Siap membantu pemerintah dan masyarakat Blora yang ingin mengembangkan buah-buahan, mulai dari pembenihan, pembibitan dan perawatan,” katanya, mengakhiri. Heri – BLORA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *