Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa dan Poktan Panen 4,5 Ton Padi

Minahasa – Untuk mendukung program pemerintah akan peningkatan swasembada pangan, TNI AD terus berupaya mengingatkan seluruh anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa), turut serta melakukan pendampingan kepada kelompok tani (Poktan) di wilayah teritorial demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat khususnya para petani. Hal inilah yang diwujud-nyatakan oleh Babinsa Kopral Dua (Kopda) Paryono.

Sebagai tanggung jawabnya, Kopda yang sehari-harinya berdinas di Koramil 1302-02/Eris, dinyatakannya dalam bentuk turut melakukan panen padi bersama kelompok tani Essa Toroan di desa Ranomerut, kecamatan Eris kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (02/07) pagi.

“Setelah Apel pagi di Makoramil saya langsung terjun serta melakukan pendampingan kepada kelompok tani di wilayah binaan saya. Mulai dari pengolahan lahan sawah, menanam padi hingga pada saat panen tiba. Kali ini luas lahan yang dipanen kurang lebih 1,5 hektar dengan jenis padi superwin. Hasil gabah diperkirakan 4,5 ton,” ungkapnya.

Sementara Ketua kelompok tani Essa Toroan desa Ranomerut Hence Kawilarang berpendapat bahwa hasil panen kali ini cukup memuaskan.

“Kami sebagai petani merasa bangga punya Babinsa yang begitu menyatuh dengan kami para petani,dan boleh mengerti di bidang pertanian khususnya tanam padi sehingga hasil dari panen padi ini sangat memuaskan bagi kami para petani,” katanya.

Menyangkut kinerja tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 1302/Min Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th melalui telepon selularnya mengatakan, kegiatan tanam padi hingga panen wajib didamping Babinsa deni suksesnya swasembada pangan nasional.

“Babinsa harus menjadi motivator dalam setiap kegiatan yang ada di wilayah teritorianya dan menjadi pelopor bagi Masyarakat,” pungkas Purnama.

(Vendry/MCKodim 1302/Min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *