Terkait Pemilukada 2018, Pemkab Minahasa: Sosialisasi Pelaksanaan Pilkada Harus Jelas dan Benar

MINAHASA – PEMERINTAH kabupaten (Pemkab) Minahasa menegaskan bahwa agar informasi penyelengaraan Pemilukada tahun 2018 di kabupaten Minahasa diterima jelas dan benar oleh masyarakat perlu dilaksanakan sosialisasi. Pasalnya, kedaulatan rakyat ditunjukkan dalam Pemilukada.

“Penyelenggaraan Pemilukada tahun 2018 merupakan salah satu program pemerintah kabupaten Minahasa melalui badan Kesbangpol Kabupaten Minahasa untuk memberikan informasi yang jelas dan benar kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilukada agar dapat dipahami. Karena kita tahu bersama bahwa negara Indonesia menganut sistem pemilihan demokrasi, di mana kedaulatan rakyat ditunjukkan dalam Pemilukada,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Denny Mangala MSi mewakili pejabat Bupati Minahasa saat menghadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2018 di Aula Pusgiat Center Tondano, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (17/05) pagi.

“Mari ciptakan Pemilukada yang berkualitas, jaga keamanan dan ketertiban di Tanah Minahasa,” pintanya.

Sementara di tempat yang sama, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa menyebut, meski telah tertuang dalam undang-undang dan peraturan khusus yang mengatur tentang pelaksanaan Pemilukada tahun 2018 berjalan baik namun diindikasi masih ada terjadinya pelanggaran dan kecurangan penyelenggara, peserta maupun masyarakat.

“Untuk menghindari kecurangan maupun pelanggaran pada Pemilukada tahun 2018 di kabupaten Minahasa, perlu suatu pengawasan. Hal ini bermaksud, agar Pemilukada tahun 2018 di Minahasa benar-benar terlaksana secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kaban Kesbangpol Drs Jorry Gumansing.

Penyelanggaran Pemilukada di kabupaten Minahasa tahun 2018 kata Gumansing, merupakan ajang menentukan wakil rakyat di daerah dengan jangka waktu lima tahun.

“Berpartisipasi dengan menggunakan hak pilih dalam memberikan suara kita pada Pemilukada di kabupaten Minahasa dan bersama-sama menjaga dan mengawal agar Pemilukada di kabupaten Minahasa berjalan dengan baik dan lancar, aman dan terkendali sesuai apa yang kita harapkan bersama,” tandasnya.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman dan peran aparat pemerintah di tingkat kecamatan desa/kelurahan, mencegah terjadinya kesalahpahaman yang memicu terjadinya konflik di masyarakat, Meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilukada tahun 2018, Tercapainya kesamaan persepsi dan pemahaman dalam upaya menyukseskan Pemilukada tahun 2018, Mendapatkan gambaran tentang situasi kesiapan dan persiapan Pemilukada tahun 2018 di kabupaten Minahasa serta terciptanya sinergitas atas seluruh pemangku kepentingan dalam upaya menyukseskan Pemilukada tahun 2018.
(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *