Tekan Inflasi Jelang Hari Besar Keagamaan, Pemkab Minahasa Ajak Kerjasama Bank Indonesia dan BUMN

MINAHASA – UNTUK menekan inflasi akibat lonjakan harga komoditas jelang Hari Besar Keagamaan seperti Hari Raya Indul Fitri dan Pengucapan Syukur di Minahasa, pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa bersama pihak Bank Indonesia, Perum Bulog Divre Sulutgo dan Pertamina menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta distributor di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Tondano, Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (17/05) siang.

Pejabat Bupati Minahasa melalui Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa Wilford Siagian menyampaikan bahwa demi tercapainya program pemerintah kabupaten Minahasa diperlukan kerjasama instansi terkait dalam menghadapi berbagai permasalahan.

“Seiring dengan situasi dan kondisi yang berkembang serta berbagai pemasalahan, diperlukan kerjasama antara pemerintah daerah, Bank Indonesia, BUMN, dan Stakeholder yang ada secara terkoordinasi dengan pihak yang terkait di dalamnya sehingga pelaksanaan program-program dapat berjalan sesuai tujuannya. Koordinasi dan arahan dimaksud agar berbagai data perwakilan TPID dalam menjaga kestabilan harga di daerah dan sebagai sarana untuk memperkuat sinergi pusat dan daerah dalam mengatasi berbagai persoalan di daerah yang memerlukan kebijakan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ucapnya.

Sesuai Keputusan Presiden No 23 tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional (TPIN) kata Siagian, peran TPID semakin strategis terutama upaya pengembangan domestik dalam mendukung
pencapaian sasaran inflasi nasional dan mengendalikan laju inflasi.

“Peran TPID penting dalam menjaga harga komoditas agar stabil, menjaga suplay dan distribusi, menjaga ketersediaan pangan lokal dan TPID memastikan inflasi yang rendah untuk menumbuhkan investasi di daerah,” pungkasnya.

Ia berharap melalui forum rapat kebersamaan pemahaman atas dasar inflasi dan permasalahan di daerah terjalin secara sinergi. “Saya mengharapkan melalui forum rapat ini dapat membangun kebersamaan pemahaman atas dasar inflasi di daerah sekaligus sebagai forum koordinasi lintas sektor di daerah dalam memantapkan inflasi sesuai dengan tugas dan fungsinya sehingga akan terjalin jaringan koordinasi secara sinergis pada setiap tingkatan instansi terkait,” tandasnya.
(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *