Sertijab Aster Kasdam XIII/MDK, Pangdam Madsuni: Pergantian Pejabat Merupakan Penyegaran dan Kebutuhan Organisasi

SULUT – Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Madsuni mengatakan, untuk mengoptimalkan kemampuan dan mendukung tugas pokok satuan, diperlukan penyegaran. Penyegaran tersebut dalam bentuk pergantian pejabat dan mutasi personil sebagai wujud dari regenerasi dan kebutuhan suatu organisasi.


“Alih tugas dan jabatan di setiap organisasi, termasuk di lingkungan TNI Angkatan Darat, pada dasarnya adalah hal yang biasa. Di samping untuk penyegaran, pergantian pejabat dan mutasi personil merupakan wujud regenerasi dan kebutuhan organisasi, antara lain guna mengoptimalkan kemampuan dalam mendukung tugas pokok satuan. Terkait hal itu, pergantian Aster Kasdam XIII/Merdeka juga harus dimaknai sebagai kebutuhan dan tuntutan untuk mewujudkan suatu organisasi yang dinamis guna mengikuti perkembangan lingkungan, baik lokal maupun regional,” kata Pangdam Madsuni dalam amanatnya sesaat memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Aster Kasdam XIII/MDK di Gedung Ghradika “Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (28/05) pagi.

Sertijab yang dilaksanakan dalam bentuk Tradisi Korps Perwira Kodam XIII/MDK lanjut Pangdam, pada hakikatnya merupakan wujud ketulusan hati untuk menerima dan melepas pejabat di lingkungan Kodam XIII/Merdeka serta sebagai tanda ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat yang telah diberikan kepada rekan-rekan Perwira berupa promosi jabatan yang baru di lingkungan TNI AD.

“Tradisi Korps Perwira ditujukan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga sebagai Prajurit Kodam XIII/MDK yang disimbolkan dengan mencium Pataka ‘Jaya Sakti’, agar setiap Perwira Kodam XIII/Merdeka memiliki sifat kesatria. Prajurit yang lahir dari rakyat dan digembleng untuk selalu bertindak adil, bijaksana, melindungi rakyat dan keselamatan NKRI, serta senantiasa berpegang teguh pada jiwa Sapta Marga,” ucap Madsuni.
Madsuni berharap, pengalaman dan jabatan yang didapat sebelumnya menjadi bekal dalam tugas yang baru. “Semoga berbagai pengalaman yang didapat selama menjadi Aster Kasdam XIII/Merdeka dapat bermanfaat sebagai bekal untuk mengemban tugas jabatan yang baru sebagai Kasrem 131/ Santiago,” tandasnya.

Tugas pokok Aster Kasdam menurut Pangdam, sebagai penyelenggara kegiatan fungsi staf umum dan melaksanakan pembinaan serta pendayagunaan unsur-unsur Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka agar menjadi Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.
“Pejabat Aster Kasdam XIII/Merdeka yang baru dituntut mampu merencanakan dan berkoordinasi secara lintas sektoral untuk melaksanakan pembinaan teritorial, baik melalui metode Bakti TNI, Komunikasi Sosial maupun Pembinaan Ketahanan Wilayah,” tutupnya.
Untuk diketahui sebelum terlaksananya mutasi, tadinya Aster Kasdam XIII/Merdeka dijabat Kolonel Inf. Theo Kawatu kini dijabat Kolonel Kav. Abdul Haris. Sementara Kolonel Inf. Theo Kawatu dipromosikan sebagai pejabat Kasrem 131/Santiago.
(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *