Polri Petakan Permasalahan dan Penanganan Saat Ramadhan dan Pasca Lebaran

Semarang – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka pelayanan dan pengamanan mudik lebaran tahun 1439H/2018 resmi dibuka oleh Asisten Kapolri Bidang Operasional (Asops Kapolri) Irjen Pol Drs. Deden Juhara di Wisma Perdamaian Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah, Semarang. Senin 23/4/2018.

Dalam sambutannya Deden memaparkan hasil evaluasi Polri bersama para instansi terkait pada pengamanan arus mudik tahun lalu, dimana pada tahun lalu masyarakat merasa puas atas pelayanan dan pengamanan yang diberikan oleh para stakeholder yang turut andil memberikan palayanan terbaik.

“Kita berkaca pada tahun lalu, dimana masyarakat merasa puas dan ini menjadi tolak ukur agar lebih baik pada tahun ini”, ujar Deden.

Selain itu, Deden juga memaparkan sejumlah persiapan pengamanan tidak hanya dalam lalu lintas, namun Polri bersama para instansi terkait juga akan melakukan pengamanan lain, diantaranya:

1. Menjaga ke-stabilan harga dan stok bahan sembako selama ramadhan, lebaran dan pasca lebaran.
2. Menjaga ketersediaan BBM
3. Antisipasi perubahan cuaca pada saat Ramadhan, lebaran dan pasca lebaran terhadap bencana alam.
4. Gangguan Kamtibmas, seperti tempat hiburan, aksi tawuran warga dan kriminalitas.

Deden juga menyampaikan, bahwa Kapolri Jendral Prof. Drs. H. M. Tito Karnavian, Ph. D menitipkan amanat agar disampaikan kepada para Kapolres untuk mengantisipasi hal-hal sebagai berikut :

1. Tidak ada aksi sweeping pada tempat-tempat hiburan pada saat ramadhan.
2. Minimalisir kejahatan jalanan, khususnya di terminal, stasiun dan tempat-tempat ibadah.
3. Tindak tegas para produsen, penjual Miras dan kembang api.
4. Antisipasi tawuran warga.
5. Antisipasi aksi teror, dan
6. Persiapkan rekayasa lalu lintas dengan baik saat arus mudik dan balik lebaran.

Turut hadir Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M., Dirhubdar Kemenhub Irjen Budi Setiadi, para pejabat utama Mabes Polri, Pejabat Utama Korlantas Polri, Kapolres, Karo Ops, Dirlantas dan Kasatlantas jajaran Polda Jabar, Polda Jateng, Polda Jatim dan Polda Bali, PT. Jasa Raharja, Kemenhub, Jasa Marga, Bina Marga, Kementerian Kesehatan, PT. Pertamina, dan segenap instansi terkait dalam pengamanan arus mudik lebaran.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral digelar dengan tema “Kita Sinergikan Untuk Meningkatkan Pelayanan Yang Promoter Kepada masyarakat”.

Ferry M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *