Peringatan Hari Lansia ke-22 Tahun se-Sulut, Wagub Kandouw Berpesan Begini

MINAHASA – WAKIL Gubernur Sulawesi Utara mengatakan tingkat harapan hidup di Sulawesi Utara 71 – 71,9 tahun. Usia ini berbeda negara luar semisal Amerika yang memiliki tingkat harapan hidup 79 tahun dan di Australia 81 tahun. Namun yang paling tinggi tingkat harapan hidup manusia ada di negara Jepang sekira 82 tahun.

“Untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan menyejahterakan warga Sulawesi Utara, bapak Gubernur akan mengupayakan tahun depan akan memberikan BPJS 100 persen kepada warga Sulawesi Utara termasuk para lansia agar tingkat harapan hidup lebih lama. BPJS di Sulut tercatat masih di kisaran 70 persen dan masih ada 30 persen atau sekira 90 ribu warga yang belum menerima BPJS,” kata Wagub Steven OE Kandouw dalam sambutannya dalam kegiatan memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-22 tahun di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, Tondano, Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (07/06) siang.

Di hadapan ribuan lansia yang hadir dan para pejabat pemerintah provinsi maupun daerah, Wagub mengatakan, Pemeritah Sulut sangat mengharapkan peran serta lansia. Yakni; Perangi ide radikalisme dan fundalisme, Jangan menganggap bahwa Sulut aman dan peran aktif para lansia dalam mendengungkan Pancasila pasalnya lansia, makin tua semakin berhikmat.

“Lansia, ibarat pohon semakin tua semakin segar begitupun para Lansia saat ini semakin tua semakin alot dan semakin berhikmat. Hikmat orang muda belum bisa tandingi hikmat orang tua. Untuk itu jangan dianggap remeh para orang tua karena lansia atau orang tua bisa menentukan kemana tujuan orang muda, termasuk nasib bangsa dan negara hingga nasib Sulawesi Utara maupun di kabupaten Minahasa ini,” sambung Ketua Komda Lansia Sulut itu.

Wagub Kandouw berpesan agar para lansia terus berkarya hingga mencapai target Gubernur Sulut tahun depan.

“Sebagai wujud pengabdian, bapak Gubernur memberikan hadiah kepada semua para lansia yang hadir dengan peribahasa ‘ada ubi ada talas, ada budi ada balas’. Ngoni tangka sandiri jo, Lansia lebih pande. Setelah tanggal 27 ada ngoni punya dari Komda Lansia. Terus berkarya dan optimalkan apa yang ada dalam diri kita. Siapa tahu umur kita masih bisa sampai pada target bapak Gubernur, tingkat harapan hidup sampai 82 tahun,” tutupnya.

(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *