Panglima dan Kapolri Dianugerahi Gelar Raja Penjaga NKRI

NTB – Dipimpin oleh Datu Sila Dendeng Lombok H. Lalu Muhammad Putria, M.Pd. yang merupakan Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dianugerahi gelar Raja Penjaga NKRI.

Penganugerahan gelar berlangsung di halaman depan Makorem 164/Wira Dharma di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (30/5/2018).

Prosesi adat ini dilaksanakan usai silaturahim Panglima TNI dan Kapolri bersama prajurit TNI-Polri dan alim ulama Kota Lombok.

Gelar yang dianugerahi kepada Panglima TNI adalah Raja Pemban Agung Yudhe Negare dan Keris Pusaka Dirte Yudhe Ayuning Jagat. Sementara Kapolri menerima gelar Pating Lage Muter Jagad dan Keris Pusaka Dirte Yudhe Muter Jagat.

Pemberian gelar ini sebagai pengakuan masyarakat Lombok, bahwa Panglima TNI merupakan pemimpin dalam menjaga kedaulatan dan kemartabatan negara baik dari dalam maupun luar negeri.

Sedangkan gelar yang diberikan kepada Kapolri yakni sebagai pemimpin tertinggi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat seluruh nusantara. (Suyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *