Latnister Resmi Dibuka, Dandim Talaud Ingatkan Kewajiban Babinsa

SULUT – LATIHAN Tehnis Teritorial atau disingkat Latnister yang dilaksanakan setahun sekali yang diikuti 116 peserta Babinsa dari Koramil 1312-01 s/d 08 Jajaran Kodim 1312/Talaud, resmi dibuka pelaksanaannya oleh Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan SE di Aula Kodim 1312/Talaud, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (17/05) pagi.

Selaku Pimpinan Umum Latihan, Dandim Talaud menekankan tentang lima kemampuan Teritorial yang harus di miliki para Babinsa dan harus diterapkan dalam tugas di lingkungan masyarakat di desa binaannya.

“Untuk Kodim baru ini kita semua wajib mengerti apa yang dimaksud dengan lima kemampuan Ter, apalagi Kodim Pulau terluar. Sebagai Babinsa wajib mengerti membuat laporan tentang kegiatan di wilayahnya/desa binaanya. Babinsa wajib mengerti dan bersinergis dengan masyarakat dan aparat desa. Tiga pilar desa yang ada ini, harus dijalin sinergitas secara baik dan harus dilaksanakan Babinsa,” ujar Setiawan.

Jelang Pilkada di Talaud diingatkannya agar netralitas TNI dipegang teguh anggota TNI. “Tahun ini adalah tahun politik sehingga semua Babinsa termasuk Staf wajib memegang teguh netralitas TNI jelang pelaksanaan Pilkada,” sambungnya.

Lebih khusus lagi kata Setiawan, atas dibukanya pelaksanaan Latihan Tehnis Teritorial tahun 2018 diharapkan Apter dapat mengaplikasikan dalam pelaksanaan tugas di lapangan sehingga dapat tercapainya kemampuan Apter seperti yang diharapkan oleh Komando Atas, dalam hal ini pimpinan.

“Sperti kita ketahui bersama Latnister ini bertujuan untuk mendidik, melatih anggota Babinsa diseluruh Indonesia termasuk Kodim 1312/Talaud,” tandasnya.
(vendry/pendam XIII/Merdeka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *