KPU Plenokan Rekap Hasil Perhitungan Suara Pilkada Mitra

Mitra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mitra Tahun 2018 di Aula KPU Kabupaten Mitra, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Mitra, Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (05/07) siang.

Ketua KPU kabupaten Mitra Drs. Ascke. A. Benu MSi mengatakan, usai diplenokan di tingkat kecamatan, kini hasil rapat pleno terbuka perhitungan suara di tingkat kecamatan kembali digelar di tingkat KPU kabupaten.

“Tahapan pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018, telah dilalui bersama hingga berjalan dengan lancar. Selang sehari kemudian yakni pada tanggal 28 Juni s/d 01 Juli 2018 dilanjutkan dengan rapat pleno perhitungan suara di tingkat Kecamatan. Itu pun berjalan baik dan lancar. Hari ini (04/07), KPU Mitra mengundang PPK dan menghadirkan para Saksi calon JS dan SL untuk menyaksikan pelaksanaan rapat pleno hasil perhitungan suara Tingkat Kabupaten yang terjadwal sejak 4 s/d 6 Juli 2018,” kata Benu didampingi 3 orang komisioner KPUD Mitra dan diawasi oleh Panwaslu Kabupaten Mitra, Forkopimda, Saksi Paslon Bupati Mitra (James Sumendap dan Jesaya Joke Legi) atau Jargon JS-Oke dan seluruh PPK di 12 kecamatan kabupaten Mitra.

Usai prakata singkatnya dalam, Rapat Pleno dibuka, pihak KPU Mitra menyampaikan praturan dan mekanisme hasil rekapitulasi perhitungan suara.

“Sesuai peraturan Ketua KPU Mitra telah mengundang PPK untuk menghadiri rapat pleno yang di dalam surat undangan tersebut sudah dilampirkan jadwal terkait pembacaan hasil rekapitulasi. PPK yang mendapatkan jadwal pembacaan hasil rekapitulasi mekanismenya adalah mengambil Kotak yang dijaga oleh pihak aparat untuk membawa kotak kedalam ruangan dan mengambil kunci di komisioner Irfan selaku devisi logistik yang semuanya masih dalam bentuk disegel,” kata Komisioner KPU Bidang Divisi Teknis Drs Djonly Pangemanan MSi.

Adapun hasil Rekapitulasi dari 12 kecamatan se-kabupaten Mitra oleh PPK tingkat kabupaten rinciannya adalah sebagai berikut,

Rincian hasil perolehan suara pada Pilkada Mitra:
– Jumlah suara Paslon Jargon JS-Oke: 47.499
– Jumlah suara KOKO (kotak kosong): 23.098
– Jumlah suara Suara Sah : 70.597
– Jumlah suara Tidak sah : 785
– Total suara sah dan tidak sah :71.382

Seusai pembacaan sertifikat Rekapitulasi formulir model DA1 KWK oleh Komisioner, dilanjutkan dengan berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten dan ditandatangani oleh KPU, Saksi Paslon JS-JL, Panwas Kabupaten Mitra. (vendry/MCKodim 1302/Min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *