Kodim 1308/LB Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

Kodim 1308/LB Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

Spread the love

 101 total views,  2 views today

Banggai– NUSANTARANEWS86. COM– Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini di anggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober. Senin (28/10/2019)

Untuk memperingati hari besar tersebut, satuan kodim 1308/LB mengadakan upacara dilapangan makodim 1308/LB jl. Samratulangi, kelurahan bungin, kecamatan luwuk, kabupaten banggai.

Dalam kegiatan upacara tersebut, dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE sebagai inspektur upacara, dan pasi pers kodim 1308/LB Kapten Inf Ramli bertindak sebagai perwira up serta dan tepbek luwuk Lettu Cba Arifianto bertindak sebagai danup. Dan peserta upacara terdiri, Pok perwira (1 SST) yang terdiri dari kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Afner Patambo, kaminvectad luwuk Mayor Chb Ramli Hasan, dankipan C Yonif 714/SM Lettu Inf Zulfikar Ali Nogroho, danramil 1308-01/L Kapten Inf Supartono dan para perwira staf Kodim 1308/LB serta Pok bintara dan tamtama yang terdiri Ba dan Ta Kodim 1308/LB sebanyak 2 SST dan Ba dan Ta Kipan C Yonif 714/SM sebanyak 1 SST dan juga PNS TNI AD Kodim 1308/LB sebanyak 1 SST.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurmansyah Reda, SE selaku Inspektur upacara membacakan amanat Menpora RI tersebut, Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga pada kesempatan ini kita masih dapat melaksanakan upacara hari sumpah pemuda ke-91 tahun 2019, Terima kasih dan penghargaan kepada tokoh pemuda (1928) yang telah mempelopari kemerdekaan RI, Peringatan hari sumpah pemuda ke-91 mengangkat Thema “Bersatu kita maju”.Thema ini digunakan menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan tahun 1928 bahwa dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa, Pesatnya perkembangan teknologi informasi diibaratkan dua mata pisau. Satu sisi memberikan kecepatan informasi namun disisi lain dapat berdampak negatif (destruktif, pornografi, narkoba, pergaulan bebas) hingga radikalisme/terorisme. Halnini dengan mudah masuk apabila pemuda tidak dapat membendung/filter dengan ilmu pengetahuan karakter positif. Dilandasi dengan imtaq, moral, integritas tinggi, jujur, disiplin, kerja keras, tulus ikhlas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diharapkan mampu berperan aktif di kanca internasional. Tema Bersatu Untuk Maju sesungguhnya diperuntukkan kepada seluruh elemen bangsa indonesia, Saat in, dibelahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik/gramatik. Canggihnya iptek dengan adanya Sosmed dan berinteraksi 1 x 24 jam telah menjadi tempat favorite anak muda lintas negara, lintas budaya dan lintas agama. Disinilah diharapkan peran pemuda agar dapat bersaing yang tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, Kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat yang didukung oleh iptek. Harapan bagaimana generasi muda merespon suatu kemajuan dengan menghargai kearifan lokal serta keluruhan perjuangan generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romatisme masa lalu. Tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan demi menyongsong masa depan yang lebih baik. “Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan sia-sia dalam mengubah dunia, Para pemuda indonesia teruslah menjadi obor penyemangat pengabdian dalam ikut berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air indonesia tercinta di kanca dunia internasional, dengan peringatan kali ini, semoga menjadikan kita yang selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada kita semua.

Dan seluruh rangkaian kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 berakhir pada pukul 07.40 Wita. (Jk)

Sumber: Humas Kodim 1308/LB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.