Kodam III/Siliwangi Bertambah Yonif Berkualifikasi Raider

Cilacap – Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto. M.Sc menjadi Irup pada upacara penutupan latihan pembentukan Batalyon Raider Gelombang I Yonif 301/PKS Ta. 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Pusdiklatpassus Daun Lumbung Cilacap Jateng, Kamis (31/5).

Dengan ditutupnya latihan pembentukan Yon Raider maka Yonif 301/PKS resmi menjadi Batalyon yang mempunyai kualifikasi Raider dan bertambahlah kekuatan Yonif kualifikasi raider yang dimiliki oleh Kodam III/Siliwangi yang sebelumnya hanya Yonif 300 Raider.

Dengan terbentuknya Yonif 301/PKS menjadi satuan Yonif berkualifikasi Raider dengan tugas – tugas Operasi Khusus sejalan dengan Peran Yonif 301/PKS sebagai satuan pemukul di bawah komando dan pengendalian Korem 062/Tarumanagara Kodam III/Siliwangi.

Dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kasdam III/Siliwangi, Kasad menyampaikan bahwa Pembentukan Yonif Raider 301/PKS merupakan bagian dari Program pembentukan seluruh Batalyon Infanteri Non Mekanis di jajaran TNI AD menjadi Yonif berkualifikasi Raider.

Selanjutnya pembentukan satuan berkualifikasi Raider adalah bagian dari upaya membekali kemampuan tempur esensial yang menjamin fleksibilitas satuan dalam menghadapi beragam kemungkinan terjadinya perang proksi, perang hibrida dan perang tak terbatas.

Pada kesempatan itu pula Kasad memberikan pesan kepada Prajurit Raider dengan diraihnya kualifikasi Raider yang telah diraih tidak menjadikan Prajurit yang arogan namun tetap rendah hati dan bijaksana serta menjadi prajurit Raider yang profesional, handal dan tangguh yang dapat melaksanakan setiap tugas yang diterimanya.

Pada akhir amanatnya Kasad yang dibacakan oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto. M.Sc menyatakan program pembentukan Satuan Raider di jajaran TNI AD ini juga masih akan terus diselenggarakan sampai tercapai target yang direncanakan.

Sebelum upacara penutupan Latihan Pembentukan Yonif Raider 301/PKS di mulai terlebih dahulu Kasdam beserta rombongan menerima paparan tentang pelaksanaan latihan, kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan, pemasangan baret dan penyematan Brevet Raider secara massal, jam Pimpinan yang disampaikan Kasdam dan ditutup dengan foto bersama.

Hadir pada upacara tersebut Asops Kasdam III/Slw, Waaslog Kasdam III/Slw, Danrem 062/TN, Paban II/Binlat Sopsad, Danlanal Cilacap, Asops Danjen Kopassus, Asops Kasdam IV Diponegoro’ Dandim 0703/Cilacap dan Kapolres Cilacap.

(Rifki Okta/Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *