Kepala MAN 1 Sergai Mangkir, Menghadiri Pemeriksaan Ombudsman Sumut

Kepala MAN 1 Sergai Mangkir, Menghadiri Pemeriksaan Ombudsman Sumut

Spread the love

 879 total views,  2 views today

Medan – Nusantara News 86, Kepala MAN 1 Serdang Bedagai (Sergai) inisial FN, mangkir menghadiri undangan permintaan klarifikasi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) atas dugaan maladministrasi penundaan berlarut terhadap laporan dugaan tindak pidana pencabulan yang dilaporkan Ye ke Polres Sergai.

Kepala Ombudsman RI Sumut, Abyadi Siregar, mengatakan karena tidak hadir tanpa pemberitahuan, Ombudsman akan melayangkan surat panggilan I kepada FN.

“Dipanggil untuk hadir pada Kamis, 2 Juli pukul 15.00 Wib,” kata Abyadi Siregar, saat diwawancarai di Kantor Ombudsman, Jalan Sei Besitang, Medan, Jumat (16/7).

Disebutkan, surat panggilan yang dilayangkan ini berbeda dengan surat undangan yang telah dilayangkan sebelumnya. Sebab surat panggilan tersebut memiliki tenggat waktu.

Hal tersebut tertuang dalam, pasal 8 (d) UU No 37 tahun 2008 menyebutkan, bahwa dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat, Ombudsman RI berwenang memanggil terlapor.

“Pasal 28 (a) juga menjelaskan, dalam rangka pemeriksaan laporan, maka Ombudsman dapat memanggil terlapor secara tertulis,” ujarnya.

Selain itu, dalam pasal 31 juga menegaskan, bila terlapor telah dipanggil tiga kali dan tidak memenuhi panggilan dengan alasan yang sah, maka Ombudsman dapat meminta bantuan kepolisian untuk menghadirkan yang bersangkutan secara paksa.

“Karena Kepala MAN tidak memenuhi undangan Ombudsman tanpa penjelasan, sehingga kami anggap Kepala MAN tidak kooperatif. Sebab, yang bersangkutan tidak menginformasikan alasan tidak memenuhi undangan Ombudsman,” sebutnya.

“Karena itu, Ombudsman menggunakan kewenangan konstitusional yang dimiliki dengan mengirimkan surat panggilan,” pungkasnya. (Solahudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.