Jelang Pemilu 2019, Dandim Purnama Ingatkan Anggota TNI Aktif

Tomohon – Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th menegaskan dalam menghadapi Pemilu, anggota TNI dilarang terlibat dalam politik praktis. Menurutnya, tugas TNI susah jelas yakni berperan mendukung program pembangunan pemerintah dan membantu aparat pengamanan POLRI.

“Pada kesempatan ini ingin saya jelaskan bahwa dalam menghadapi Pemilu, TNI tidak boleh melibatkan diri dalam politik praktis,” tegas Purnama tatkala hadir menjadi Narasumber dalam Sosialisasi Pemilihan Umam (Pemilu) 2019 di Aula Puncak Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (04/07) pagi.

Meski begitu katanya, dirinya tidak bisa melarang jika ada anggota TNI yang berkeinginan mencalonkan diri. Namun ditegasnya sebagai TNI aktif harus mengundurkan diri terlebih dahulu.

“Jika ada Anggota TNI yang mau mencalonkan diri, harus terlebih dahulu mengundurkan diri dari dinas TNI,” tegasnya dihadapan pemerintah Kota Tomohon, Panwaslu dan masyarakat.

Diingatkan pula bahwa dalam menghadapi pemilihan caleg maupun Pilpres 2019, netralitas tetap harus dijaga oleh TNI.

“Kami para Prajurit TNI tidak boleh menggunakan hak pilih apa lagi menjadi Anggota KPU. Tugas kami sebagai Komandan Satuan wajib mensosialisasikan tentang Netralitas TNI,” tandasnya. (vendri/onal )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *