IPWL BNN Beri Solusi Pengguna Narkoba

WAJIB LAPOR BAGI PARA PENYALAH GUNA NARKOBA

Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menjadi tempat Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi para penyalah guna narkoba secara sukarela tanpa dipungut biaya. BNN Cawang menjadi IPWL sejak 2012 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 1305/Menkes/VI/2011. Penyalah guna narkoba mempunyai hak untuk mendapatkan rehabilitasi. Hal ini sesuai dengan Pasal 54 UU No.35 Tahun 2009 bahwa “Pecandu Narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial”.

Dalam hal pemulihan para penyalah guna narkoba, dukungan keluarga sangat diperlukan. Hal ini sejalan dengan Pasal 55 ayat 1 UU No.35 Tahun 2009 yang menyebutkan “Orang tua atau wali dari penyalah guna yang belum cukup umur wajib melaporkan kepada pusat kesehatan masyarakat, Rumah Sakit (RS) dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan sosial yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mendapatkan pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan sosial”.

Alur IPWL BNN dimulai saat klien datang secara sukarela dan melakukan serangkaian proses. Terlebih dahulu klien melakukan registrasi dengan melengkapi dokumen yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan tes urine didampingi petugas IPWL BNN. Setelah melakukan tes urine, dilanjutkan dengan asesmen yang dilakukan oleh asesor. Dari hasil assesmen akan ditentukan jenis rehabilitasi dan terapi yang diperlukan oleh klien tersebut.

Rehabilitasi yang diberikan kepada klien, terdiri dari 2 jenis yaitu rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan dilakukan di IPWL BNN, sedangkan rawat inap dilakukan di lembaga rehabilitasi yang didukung oleh BNN, baik lembaga rehabilitasi milik instansi pemerintah, maupun komponen masyarakat. Lembaga rehabilitasi yang dimiliki BNN adalah Balai Besar Rehabilitasi di Lido, Balai Rehabilitasi Baddoka Makassar, Balai Rehabilitasi Tanah Merah Samarinda, dan Loka Rehabilitasi Batam (akan segera diresmikan).

IPWL BNN bertempat di kantor pusat BNN di Jl.MT Haryono no.11 Cawang, Jakarta Timur. Bagi para penyalah guna narkoba yang ingin melaporkan diri, cukup membawa fotokopi identitas diri (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dan Surat Permohonan ke Kepala BNN serta didampingi wali (bagi yang belum cukup umur).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center IPWL BNN di website www.bnn.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *