Forkonas Kecewa Karena DPR & MPR RI Acuh

Jakarta – Forkonas PP ODB (Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonom Baru) meminta DPR RI dan DPD RI untuk mendesak Presiden Jokowi segera menerbitkan peraturan pemerintah tentang penataan daerah dan peraturan pemerintah tentang desain besar penataan daerah sampai Oktober 2017 serta mencabut moratorium pemekaran.

Hal ini disampaikan dalam Rembug Kebangsaan dan Manifesto Politik Percepatan Pembentukan Daerah Otonom Baru dengan tema ‘Pemekaran Daerah, Memperkuat Indonesia,”
dihadiri perwakilan 174 Calon DOB di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/8).

Ketua Umum Forkonas – PP DOB Sehan Landjar mengatakan bahwa “Jika legislatif dan eksekutif tidak melaksanakan tuntutan tersebut Forkonas se – Indonesia akan melakukan langkah-langkah hukum atas pelanggaran konstitusi yang secara sengaja dilakukan pemerintah. Selain itu, mempertimbangkan dukungan politik terhadap pemerintah dan anggota-anggota DPR saat ini pada konstestasi politik tahun 2019. Kami serius melakukan aksi lebih masif, tegas, dan keras apabila tuntutan kami tidak dilaksanakan sampai dengan tenggang waktu ditentukan pada Oktober 2017,” tekan tegas Bupati Bolamongondow Timur Sehan Landjar.

Sehan Landjar, mengapresiasi DPD RI yang secara jelas dan tegas berdiri bersama dan mau memperjuangkan Daerah Otonomi Baru. “DPD RI menjadi dapurnya daerah dan selalu mendukung perjuangan kami untuk mendapatkan otonomi baru. Kami juga mendesak PP Desertada dan Penataan Daerah harus segera ditanda tangani. Dan saya tekankan bahwa perhatian pemerintah kepada daerah akan menjadi investasi politik pada 2019, jika tidak kami akan tidak mendukung 2019 nanti,” ucap Sehan.

Ketua Forkonas pun menambahkan “Kami Forkonas kecewa karena DPR dan MPR RI tidak memberikan jawaban dan respon. Apakah mereka tidak melihat air mata kita yang deras mengalir menunggu harapan terwujudnya pemekaran ini ?
Kita tidak minta MERDEKA tapi kita minta MEKAR. Kami bukan MAKAR tapi ingin MEKAR,”pungkasnya.

Selain dari ketua umum Forkona, ketua umum harian Sigar Silitonga OVJ pun memberikan komentar, “Para pejuang pemekaran yang hadir di sini semua adalah perwakilan rakyat dari masing masing CDOB, mereka hadir di gedung IV MPR RI ini dengan membawa harapan akan didengarkannya aspirasi rakyat, yaitu pemekaran daerah segera di setujui melalui pengesahan PP Desertada dan Penataan Daerah,”ungkap Sigar Silitonga OVJ.

Dalam acara tersebut hadir dari seluruh penghujung negeri khususnya perwakilan para CDOB se-Indonesia, para pejabat pemda, seluruh pengurus Forkonas serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Jefry

Editor & Publish : Eny

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *