Dandian Ratu Bangun Karakter Budaya dan Kesenian Lokal

Lampung Selatan – Sanggar Tari Dandian Ratu merupakan salah satu sanggar tari kreasi baru yang ada di desa Tanjung Ratu Kecamatan Katibung Kab.Setempat.
Tarian ini merupakan pengembangan dari tari tradisi asli masyarakat Katibung. Bertalena sebagai pemimpin sanggar mengemukakan kepada NN, sangat bangga karya seni tarinya ini telah dibuktikan untuk penyambutan tamu penting, contoh Dandian Ratu menyambut dan mengisi acara Musrenbang di Gedung Gsg Rabu (22/2) kemarin.
 
“Ya kami menyambut kehadiran Bapak Bupati kita dengan tari tradisional adat Lampung untuk mempresentasikan budaya Lampung yang beragam.
Tari Dandian Ratu telah umum ditampilkan sebagai bagian dari ritual penyambutan tamu dalam acara-acara – seperti musren dll. Tarian ini menggambarkan ekspresi kegembiraan atas kedatangan para tamu undangan. Selain itu, makna esensial dari tari ini merupakan bentuk penghormatan kepada para tamu undangan yang hadir. Dalam tarian ini, para penari mengekspresikan hal tersebut dalam rangkaian gerakan yang berinspirasi dan dapat diterima masyarakat luas.”
Berta berharap bukan hanya membangun kesenian beragam saja yang tengah diperhatikan, tetapi infrastruktur jalan lintas dusun Umbul Bandung, Pematang Lima, Sari Mukti dan Terang Agung, ada empat dusun sepanjang 12 Kilometer yang di luar dari program dana desa. Harapan masyarakat jalan dusun itu cepat dibangun.
“Terima kasih kepada bapak Bupati yang telah menganjurkan untuk memasang plang papan informasi. Ini merupakan support untuk seluruh Kepala desa untuk membangun kejujuran. Insya Allah mengenai keluhan warga empat dusun, akan saya tembuskan kepada Bapak Bupati kita,” pungkas Berta.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *