Dampingi Gubernur, pj Bupati Minahasa Hadiri Upacara Bela Negara di IPDN Sulut

MINAHASA – PEJABAT Bupati Minahasa mendampingi Gubernur Sulawesi Utara hadiri Upacara Bela Negara yang berlokasi di Lapangan Upacara IPDN Sulut di desa Tampusu, kecamatan Remboken, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada Selasa (10/04) pagi.

Upacara Bela Negara yang dilanjutkan dengan seminar Bela negara juga dihadiri Wakil Ketua BPK RI Prof.Dr. Baharullah Akbar MBA, Komandan Kamando Resimen Mahasiswa Imdonesia Ir. A. Riza Patria MBA, BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Purba, Pj Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu, Kapolres Minahasa AKBP Crist Reinhard Pusung SIK, Kasat Pol-PP Provinsi Sulut Steven Liow, Direktur IPDN Noldi Tendean dan Direktur PDAM Minahasa Arnol Winowatan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dalam sambutannya menyampaikan, Bela Negara adalah tanggung jawab setiap warga negara Indonesia dalam upaya mempertahankan NKRI terhadap ancaman luar maupun dalam negeri.

“Peran kebangsaan yang menyatukan, sikap cinta tanah air dengan menjunjung tingg nilai Pancasila dan UUD yang dilaksanakan secara terpadu,” kata Gubernur OD.

Dikatakannya bahwa, generasi muda harus paham perubahan. Namun perubahan yang mengarah kepada perubahan yang baik agar sinergitas karya terbaik terwujud di Indonesia.

“Pemahaman generasi muda untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dalam konteks pembangunan bangsa diharapkan secara sinergitas merangkai karya terbaik demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat berdasarkan gotong royong” tandasnya.

Sementara Sambutan Komandan Komando Resimen Mahasiswa Indonesia Ir. A. Riza Patria MBA mengatakan, bangsa Indonesia memiliki wilayah yang luas untuk dijaga namun dijaga oleh generasi muda berilmu, dan berwawasan bela negara.

“Kita adalah bangsa yang besar dan memiliki luas wilayah dengan negara demokrasi yang terbesar. Untuk menjaga semua itu, kita perlu memberikan pendidikan ilmu kepada generasi muda agar potensi yang ada dijaga oleh generasi muda. Untuk itu, generasi muda perlu mendapatkan ilmu, berwawasan Bela Negara sehingga generasi muda tidak terkontaminasi dengan yang lain,” pungkasnya.

Upacara Bela Negara tersebut diakhiri dengan penyematan gelar Kehormatan Komando Resimen Mahasiswa yang diakui sebagai keluarga besar dan mendapatkan kehormatan dalam berbagai acara dimanapun bertugas.

Pada kesempatan itu pula, Jekso Ruow dilantik Gubernur Sulut sebagai Komandan Komando Resimen Mahasiswa Sam Ratulangi Sulawesi Utara.
(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *