Buru Menu Berbuka, Warga Datangi Pasar Beduk Rantau Indah

Tanjung Jabung Timur – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim, karena didalam bulan Ramadhan umat muslim dapat meningkatkan amal ibadah dengan imbalan pahala yang berlipat ganda, selain itu juga umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan yang namanya puasa.

Dalam melaksanakan ibadah puasa, tentunya ada saat-saat yang sangat di tunggu-tunggu, yakni menanti datangnya beduk magrib atau waktu berbuka puasa, akan tetapi untuk menunggu waktu berbuka tiba, bila sore menjelang biasanya sebagian masyarakat mencari kesibukan dengan pergi berburu menu berbuka ditempat-tempat yang telah ditentukan atau biasa disebut dengan Pasar Beduk.

Seperti pasar beduk yang berada di Teluk Buan Kelurahan Rantau Indah Kecamatan Dendang, dimana pada hari ke dua bulan Ramadhan ( 18/5 ), pasar beduk tersebut diserbu warga yang hendak berburu menu untuk berbuka puasa, selain dipadati pembeli dari masyarakat sekitar, pasar beduk tersebut didatangi oleh warga dari luar Kelurahan Rantau Indah, mulai dari warga Desa Kuala Dendang hingga Desa Sido Mukti.

Dewi, salah satu pengunjung menuturkan, sangat senang dengan diadakannya pasar beduk setiap tahun seperti ini, disamping tempat untuk menghabiskan waktu jelang berbuka puasa, dirinya tidak perlu kemana-mana lagi mencari menu santapan untuk berbuka puasa.
” Saya sangat senang dengan adanya pasar beduk dibulan Ramadhan seperti ini, saya tidak perlu kemana-mana mencari makanan untuk berbuka, “ujar Dewi”.

Sementara Lurah Rantau Indah, Abdul Cholik menanggapi, dengan diadakannya pasar beduk setiap tahunnya pada bulan Ramadhan, minimal dapat menambah pendapatan atau penghasilan bagi masyarakat, disamping itu hal ini sudah menjadi tradisi tahunan dan tempat saling bertatap muka.
” Kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan, selain itu tempat untuk bersilaturahmi, saya harap hal ini bisa terus berjalan dan bagi masyarakat pengunjung serta pedagang, jagalah situasi agar selalu tetap kondusif, “harapnya”. ( Doni Riyadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *