Bupati Romi Resmikan Launching BUMDes dan BUMDes Plus Bank Jambi di Desa Lambur II

Tanjung Jabung Timur – Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat bersama Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa.

Dalam rangka inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur adakan Launching BUMDes dan BUMDes Plus Bank Jambi.

Launching yang diadakan ( 13/7 ) di halaman kantor Desa Lambur II Kecamatan Sabak Timur tersebut dihadiri dan diresmikan langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Romi Hariyanto. SE.

Pendirian BUMDes yang ada harus berdasarkan pada kebutuhan dan potensi desa, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan perencanaan dan pendiriannya, BUMDes dibangun atas prakarsa masyarakat, serta mendasarkan pada prinsip-prinsip kooperatif, partisipatif, transparansi, emansipatif, akuntabel, dan sustainabel. Dari semua itu yang terpenting adalah bahwa pengelolaan BUMDes harus dilakukan secara profesional dan mandiri, selain itu BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. BUMDes juga sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa), kemudian dalam menjalankan usahanya prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan.

Seperti yang disampaikan Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto. SE, dalam sambutannya, yang pada intinya bahwa Bumdes memiliki tujuan penting, mulai dari meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.
” Kami selaku pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur turut mendorong BUMDes yang ada serta mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan BUMDes bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan desa yang mandiri “ujar Bupati.

Dalam kegiatan launching tersebut turut dihadiri pula, Kadis PMD Tanjung Jabung Timur Syafaruddin, S.Ip, Direktur umum Bank Jambi Pauzi Usman, Kepala OJK Perwakilan Jambi Endang Nuryadin, Perwakilan BI Jambi Eva, Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi Lutfiah Azis, para camat dan kades se Kabupaten Tanjab Timur, para pendamping desa serta masyarakat. ( Doni Riyadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *