Bupati CEP Lakukan Rangkaian Kegiatan di Kec.Motoling Barat dan Kec. Ranoyapo

Minsel – Bupati Minahasa Selatan Christiany E. Paruntu melakukan rangkaian kegiatan di kecamatan Motoling Barat yaitu meresmikan Pasar Soko dan pencanangan kampung KB di Desa Raanan Baru Satu serta meresmikan pasar rakyat di Desa Poopo 04/6/2018.

Menyadari akan pentingnya kebutuhan masyarakat saat ini pemerintah Kabupaten Minahasa sangat memperhatikan apa yang selama ini diinginkan oleh masyarakatnya termasuk ketersediaan Pasar Soko dan pasar rakyat.

Dengan diresmikannya beberapa pasar yang ada di kecamatan Motoling Barat dan Ranoyapo terjawab sudah kerinduan masyarakat yang selama harus bolak balik pusat Kota Amurang untuk berbelanja. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh elemen masyarakat, pejabat teras pemkab Minsel dan tamu serta undangan.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Selatan Christiany E. Paruntu berharap agar dengan beroperasinya Pasar Soko di Desa Raanan Baru Satu dan pasar rakyat di Desa Poopo kiranya dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan serta memperhatikan standar kesehatan, pelayanan dan kenyamanan dalam berbelanja dan berdagang.

Pasar Soko Raanan Baru Satu yang dibangun dengan bersumber dana APBN tugas pembantuan tahun anggaran 2017 dengan nilai Rp. 5.688.341.000., dengan fasilitas 48 unit kios serta mampu menampung 230 pedagang sedangkan pasar rakyat Desa Poopo dibangun juga dengan sumber anggaran APBN pembantuan tahun anggaran 2017 dengan nilai Rp. 5.682.300.000 ditambah dengan sumber APBD DAK Rp. 3.470.000.000 dengan fasilitas 104 unit lapak dan 48 unit kios dan dapat menampung hingga 230 pedagang.

Sehingga dengan dibangunnya kedua pasar ini dapat membantu masyarakat dengan tujuan menguatkan kelembagaan masyarakat guna membangun ketahanan gizi dan pangan serta peningkatan pendapatan masyarakat, selain itu juga dibangunnya pasar ini akan meningkatkan hasil pendapatan para petani yang sudah lebih dekat untuk memasarkan hasil dari kebun tidak harus bawa ke pasar-pasar yang lebih jauh dan mengeluarkan biaya yang lebih besar, tandas bupati.

Serangkaian dengan peresmian beberapa pasar Bupati CEP mencanangkang kampung KB di Raanan Baru Satu Kecamatan Motoling Barat, pencanangan kampung KB tersebut guna untuk menggerakkan kembali program kependudukan dan keluarga berencana.

Di akhir sambutannya Bupati Christiany E. Paruntu memaparkan program ke depan yang akan dilaksanakan pemerintah Kabupaten Minahasa selatan yaitu,
– Pengaspalan Desa Kroit-Poopo
– Pembangunan jalan Pelita
– Peningkatan jalan Motoling-Raanan Baru dan Ongkaw
– Perintisan jalan Lalumpe-Raanan Lama
– Pengaspalan jalan Raanan Lama- Raanan Baru
– Pengerasan jalan Soko Desa Raanan Lama
– Pengerjaan jalan Desa Mopolo
– Perkerasan jalan Desa Poopo
Kesemuanya itu adalah program yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemkab Minsel dengan nilai-nilai pekerjaannya sudah ditentukan besaran anggaran pekerjaan tersebut, tutup CEP. (onal mamoto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *