BUMDes Tarahan Berkarya Akan Mengikuti Lomba Tingkat Provinsi

Lampung Selatan – Empat bidang Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) di Kecamatan Katibung, mewakili Kabupaten Lampung Selatan akan mengikuti lomba Bumdes tingkat Provinsi Lampung.

Keempat bidang usaha tersebut adalah di bidang usaha pariwisata, katering, pengadaan barang/jasa dan penyewaan kapal dengan mesin.

“Sosialisasi tadi, persiapan untuk pelaksanaan lomba yang akan dilaksanakan pada Selasa (16/05) yang akan dilakukan penilaian oleh tim penilai Provinsi Lampung,”ujar Anwar Pendamping desa kecamatan Senin,(8/05/2017).

Menurutnya, dijadikannya empat bidang bidang usaha Bum-Des Tarahan Berkarya mewakili Kabupaten Lampung Selatan,  setelah sebelumnya menjadi pemenang Lomba BumDes tingkat kabupaten/kota.

Anwar menjelaskan Bum-des tersebut telah berjalan sejak 2016 lalu, didanai menggunakan anggaran dana desa sekisar  Rp25 juta untuk bidang usaha penyewaan kapal.

“Sedangkan tiga bidang usaha lainnya, Seperti pengadaan barang/jasa, pariwisata, usaha katering tahun 2017 ini akan  dilakukan tambahan modal dari dana desa,”jelas Anwar.

Terkait hal itu, Direktur (Bumdes) Tarahan berkarya Muhammad Said, menyatakan sangatlah  optimis untuk pelaksanaan kegiatan lomba Bumdes Tingkat Provinsi Lampung. Semoga BUM des Tarahan terus berjalan dengan baik ,”harapnya.

BUM des Tarahan Berkarya,sudah memiliki kantor hal ini pun tidak terlepas dari kerjasama antara masyarakatnya, akunya.

“Saya bangga pelaksanaan lomba Bumdes kita ini akan sampai ke tingkat provinsi, mewakili dari 15 Kabupaten/Kota makanya kita dari jauh hari sudah persiapan,”tukas Said kepada Pendamping Desa Kecamatan.

Sementara, Kepala desa Tarahan berharap nantinya terkait kegiatan tersebut dirinya meminta kepada masyarakatnya untuk membantu dalam menyukseskan pada acara kegiatan lomba BUM des di tingkat Provinsi Lampung,”ujar  Junaidi Kepala desa Tarahan kepada masyarakatnya.

Masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah desa, karena BUM des Tarahan Berkarya bukanlah milik kades, namun milik masyarakat yang didanai oleh negara, diharapkan masyarakat membawa karya usaha yang bisa   ditampilkan nantinya,”harap Junaidi singkat.

Penulis : Hendra

Editor & Publish : Eny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *