Babinsa 1312-02/ Rainis Bersama Warga Binaannya Panen 7 Ton Padi IR 64 di Lahan 2 Ha

SULUT – MESKI masih dalam suasana libur Hari Raya Idul Fitri, namun tidak mengurangi rasa tanggung jawab dan semangat sebagai Babinsa untuk terus melakukan pembinaan dan pengayom bagi warga di desa binaannya, terus dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa desa Bantane, Sertu Yance Maapanawang. Sertu Maapanawang yang kesehariannya berdinas di Koramil 1312-04/Rainis turut serta melaksanakan pendampingan panen padi di Desa Bantane, Kecamatan Rainis, kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (19/06) pasca perayaan Idul Fitri.

Panen padi kali ini berjenis IR 64 yang dilakukan di lahan seluas 2 (dua) hektar (Ha) milik seorang bapak Barto Pangetti dan hasil panen tersebut diperkirakan sekira 3-3,5 ton per hektar. “Siapa yang menanam, dia yang menuai”, mungkin itulah pribahasa yang menyemangati Babinsa Sertu Yance, tatkala melakukan pendampingan penanaman padi di lahan tersebut beberapa bulan silam hingga saatnya merasakan hasil yang menakjubkan.

Terkait hal tersebut, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan,SE berpendapat bahwa panen padi di Bantane terlaksana karena terjadinya kesepakatan yang tertuang dalam bentuk kerjasama di bidang pertanian antara pemerintah dan TNI AD untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Upsus pendampingan di bidang pertanian merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian dan TNI AD dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Semua Babinsa Kodim 1312/Talaud khususnya di wilayah Bantane, sudah merupakan implementasi peran dalam upsus pendampingan tersebut. Pendampingan pun dilaksanakan Babinsa jajaran Kodim 1312/Talaud, dimulai dari tahap penyiapan lahan hingga musim panen tiba. Dan, sesuai kebijakan Komando Atas, seluruh jajaran Kodim 1312/Talaud melalui Babinsa akan terus terlibat secara aktif dalam mendorong pembangunan di bidang pertanian, salah satunya melalui kegiatan Upsus Pendampingan oleh Babinsa ini,” tandas Letkol Arm Setiawan. Demikian keterangan tertulis ini disampaikan Penrem 131/Santiago kepada media nusantaranews86.com pada Selasa (19/06) malam.

(vendry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *